Senin, 14 Desember 2009

SEA Games 2009, Mainkan 25 Cabor


Indonesia bisa sedikit bernafas lega setelah tiga cabang olahraga tambahan bisa dimainkan pada SEA Games XXV 2009, Laos. Cabang olahraga panahan, angkat besi dan balap sepeda akan dipertandingkan di pesta olahraga se-Asia Tenggara.

Harapan Indonesia sebenarnya ada enam cabang tambahan yang bisa dipertandingkan tahun depan. Selain tiga cabang di atas, perahu naga, kano dan perahu tradisional sempat diperjuangkan. Namun, Olympic Council of Asia (OCA) hanya meloloskan panahan, angkat besi dan balap sepeda. Sementara, olahraga dayung tidak diloloskan.

Tidak dipertandingkannya olahraga dayung, bukan tanpa alasan. Ketua KONI/KOI Rita Subowo menjelaskan jika perahu naga, kano dan perahu tradisional sebenarnya hampir menjadi cabor di SEA Games. Namun, kondisi alam di Laos tidak memungkinkan untuk memainkan itu.

"Debit air di sana sedang berkurang pada saat SEA Games diselenggarakan. Jadi pertandingan olahraga dayung tidak bisa dilaksanakan. Sebenarnya kita masih menunggu hingga hari ini, hanya saya rasa keputusan 25 cabor dengan tambahan tiga cabor sudah final," jelas Rita Subowo, Kamis (13/11/2008), yang ditemui di kantor pusat KONI.

Kategori I adalah atletik dan aquatik (termasuk renang, menyelam dan polo air). Sementara kategori II adalah bulutangkis, billiar, tinju, sepakbola (putra dan putri), golf, judo, karate-do, sepak takraw, menembak, tenis meja, taekwondo, tenis, bola voli (in-door dan pantai), gulat dan wushu. Pada kategori III, muay thai, pentanque, pencak silat dan shuttle cock. Serta cabang tambahan, sepeda, panahan dan angkat besi.

Regulasi lain yang akan diterapkan di Laos nanti adalah, pembatasan peserta pada setiap cabor. Untuk satu cabor, setiap negara hanya diperbolehkan menurunkan empat nomor. Keputusan ini diambil agar tidak ada lagi sapu bersih dalam setiap cabor.

Mengenai target kontingen Indonesia, seperti biasa Rita Subowo mencoba bersikap diplomatis. "Jika bicara target saya hanya bisa mengatakan semoga SEA Games nanti akan lebih baik dari SEA Games sebelumnya," tutup Rita.

sumber okezone

0 komentar:

 

Blog Berita © 2008 using D'Bluez Theme Designed by Ipiet Supported by Tadpole's Notez Based on FREEmium theme